nNadBf4NUOi89I6Pr8PooEkMiFP2CaYFpGtgiHtL95E

Membangun Tim Yang Beruntung

 

Membangun Tim Yang Beruntung

Membangun Tim yang Beruntung @inspiratormastoSahabat Muda yang beruntung, telah banyak bukti menunjukkan bahwa “you can succeed best and quickest by helping others to succeed – Anda bisa sukses luar biasa dengan cepat adalah dengan menolong orang lain mencapai kesuksesan. Maka apabila kita ingin cepat mendapatkan kesuksesan salah satu caranya adalah dengan saling mensukseskan dalam tim (banyak orang), dan tim yang sukses mencapai tujuannya disebut tim yang beruntung.

Tim yang beruntung adalah dambaan setiap organisasi atau institusi pemerintah maupun swasta karena tim yang beruntung tidak hanya memberikan impact secara institusi namun juga impact secara personal dan lingkungan. Lalu bagaimanakah membangun tim yang beruntung ?!

Ada 4 syarat sederhana yang sangat powerfull dan terbukti dalam membangun tim yang beruntung. Pertama adalah saling mengenal dalam tim, kedua adalah saling memahami dalam tim, ketiga adalah saling membantu dalam tim, dan terakhir adalah saling menanggung dalam tim. Keempat cara jitu ini akan menjadikan tim Anda menjadi tim yang beruntung.

Saling mengenal, dalam hal ini yang dimaksud dengan saling mengenal bukanlah hanya mengenal nama, jabatan dan status diri kita dan teman-teman kita. Namun saling mengenal yang dimaksud disini adalah bagaimana dalam tim, kita mampu mengenal potensi positif dan negatif, kelebihan dan kekurangan, serta budaya dan karakter teman dalam tim yang kita miliki. Jika kita telah mengenal hal tersebut maka hal itu merupakan pintu awal untuk tim mampu melakukan sebuah pekerjaan secara efektif dan efisien. Karena kita akan mendistribusikan pekerjaan sesuai dengan potensi dan kompetensi yang cocok dengan anggota tim kita. Saling mengenal saja belum cukup untuk membentuk tim yang beruntung harus memiliki cara yang kedua yaitu saling memahami.

Saling memahami dalam tim disini menunjukkan sikap kita memahami kondisi dan keadaan orang lain secara menyeluruh terhadap karakter yang dimiliki, seorang mampu memaksa dirinya dalam memahami orang lain agar dipahami oleh orang lain, sebuah kata bijak menyampaikan “kita tidak akan mampu memaksa orang lain untuk memahami diri kita namun kita mampu memaksa diri kita untuk memahami orang lain”. Maka agar timbul saling memahami dalam tim kita, mulailah sejak saat ini dari diri kita memaksa memahami orang lain agar diri kitapun dipahami oleh orang lain.

Cara yang ketiga setelah mengenal dan memahami adalah saling membantu. Dalam membentuk tim yang beruntung, bahu membahu adalah hal yang sangat wajar dan wajib dalam tim karena pekerjaan yang berat jika dilakukan bersama dan dikelola dengan baik maka akan ringan dilakukan. Setiap anggota memikirkan visi bersama, sehingga selain fokus terhadap tanggung jawab pekerjaannya sendiri, mereka fokus pula terhadap visi besar yang akan mereka wujudkan. Jadi egoisme pribadi akan mampu dihilangkan jika dibenturkan dengan kepentingan yang lebih besar. Setiap orang melakukan pekerjaan dengan optimal dan membantu dengan optimal pula seperti Seandainya seseorang ditakdirkan menjadi seorang tukang sapu jalan, dia menyapu jalan sesempurna Michelangelo ketika melukis, seindah Bethoven ketika menciptakan musiknya, dan seagung Shakespeare ketika menuliskan puisi-puisinya. Dia menyapu jalanan dengan begitu baiknya sehingga semua yang di langit dan di bumi ini ibaratnya terhenti untuk mengagumi dedikasi dan karyanya. “Di sana ada seorang tukang sapu yang mengerjakan semua pekerjaannya dengan luar biasa. Sungguh sebuah spirit kerja optimal yang sangat dahsyat.

Syarat yang keempat adalah saling menanggung yang merupakan syarat terakhir yang harus dimiliki untuk membentuk tim yang beruntung. Dalam hal ini, antara anggota yang satu dengan anggota yang lain akan saling mengutamakan kepentingan yang lebih besar dan seandainya ada bagian yang tidak sempurna hasilnya maka setiap anggota memiliki sikap suka rela dengan ikhlas membantu kekurangan bagian tersebut sehingga menjadi sempurna, beban tugas yang berat didistribusikan bukan dengan prinsip “bagi rata” namun efektif dan efisien dalam pekerjaan.

Sobat muda yang beruntung, maka timbulkanlah semangat saling mengenal, saling memahami, saling membantu dan saling menanggung dalam tim kita, karena hal itu akan mempercepat diri kita dalam meraih kesuksesan dan tim kita juga menjadi tim yang beruntung.

 

Salam Mantab

Mas Toro, @inspiratormasto


Fatal error: Uncaught Exception: 12: REST API is deprecated for versions v2.1 and higher (12) thrown in /home/sloki/user/k0562178/sites/indonesia-berkarakter.com/www/wp-content/plugins/seo-facebook-comments/facebook/base_facebook.php on line 1273