nNadBf4NUOi89I6Pr8PooEkMiFP2CaYFpGtgiHtL95E

Pemimpin dan Pimpinan ??!!

Oleh : Sutoro – Inspirator Indonesia Berkarakter

Kita pasti pernah mendengar ungkapan “setiap kita adalah pemimpin dan setiap pemimpin akan diminta pertanggungjawabannya”. Apakah setiap kita juga pimpinan ??

Pemimpin dan pimpinan dewasa ini selalu di anggap sama oleh sebagian orang, karena kurangnya pemahaman mereka akan arti dari Pimpinan atau Pemimpin itu sendiri. Mari kita bahas mengenai perbedaan pemimpin dan pimpinan. Seorang pemimpin memiliki peranan atau fungsi dalam memberikan arah sedangkan pimpinan memiliki fungsi dalam memberikan target atau capaian hasil tertentu. Namun, sebelum kita membahasnya lebih jauh, mari kita simak ilustrasi cerita berikut ini :

“Seandainya Anda tersesat dalam hutan dan Anda diminta untuk keluar hutan tersebut dalam waktu 1 jam, Anda bertemu dengan seseorang yang akan menolong Anda untuk dapat keluar dari hutan tersebut. Lalu orang yang akan membantu Anda untuk keluar dari dalam hutan memberikan alat bantu untuk keluar dari hutan tersebut dengan mempergunakan alat bantu yang akan Ia berikan. Namun Anda diminta untuk memilih satu diantara dua alat bantu yang ditawarkan, benda yang ditawarkan tersebut yaitu kompas dan jam tangan. Lantas mana yang akan Anda Pilih ?? Kompas Atau Jam Tangan ??

Pegangan inti dalam fungsi kepemimpinan disimbolisasikan dengan : kompas,  yaitu memberikan arah. Alat utama dalam diri seorang pemimpin yang dipakai adalah soul/panggilan-jiwa. Pegangan inti dalam fungsi pimpinan disimbolisasikan dengan : jam tangan, yaitu menghemat waktu pencapaian. Alat utama dalam diri seorang pimpinan adalah mind/kecerdasan pikiran serta adanya otoritas yang dimiliki.

Seorang dikatakan pemimpin jika memiliki pengikut dan adanya otoritas atau kewenangan yang dimiliki dan para pengikutnya mengikutinya dengan ikhlas dan rela. Para pengikutnya mengikuti karena contoh atau teladan yang pemimpin lakukan, sedangkan pimpinan sama sama memiliki pengikut dan otoritas dalam memimpin, dengan otoritasnya tersebut seorang pimpinan menjalankan fungsi kepemimpinannya. Jadi, perbedaan pemimpin dan pimpinan salah satunya terlihat pada penggunaan otoritas. Pemimpin memiliki otoritas, namun dengan otoritasnya  dalam memimpin, pengikut merasa senang dalam melaksanakannya (ikhlas). Sedangkan pimpinan memiliki otoritas, namun dengan otoritasnya pimpinan mampu memimpin, tanpa otoritas ia tidak mampu mengatur pengikutnya. Pemimpin lebih disukai karena kepribadiannya dalam memimpin bukan karena otoritasnya semata.

Untuk lebih memahami, mari kita lihat definisi pemimpin dan pimpinan dari beberapa tokoh berikut. Jika menurut Sarosdan Butchatsky (1996), “leadership is defined as the purposeful behaviour of influencing others to contribute to a commonly agreed goal for the benefit of individual as well as the organization or common good”. (Suatu perilaku dengan tujuan tertentu untuk mempengaruhi aktivitas para anggota kelompok untuk mencapai tujuan bersama yang dirancang untuk memberikan manfaat individu dan organisasi), sedangkan menurut MifthaThoha (1983 : 255) Pemimpin adalah seseorang yang memiliki kemampuan memimpin, artinyamemiliki kemampuan untuk mempengaruhi orang lain atau kelompok tanpa mengindahkan bentuk alasannya.

Menurut tokoh lainnya yaitu Kartini Kartono (1994 : 33) Pemimpin adalah seorang pribadi yang memiliki kecakapan dan kelebihan khususnya kecakapan dan kelebihan disatu bidang, sehingga dia mampu mempengaruhi orang-orang lain untuk bersama-sama melakukan aktivitas-aktivitas tertentu, demi pencapaian satu atau beberapa tujuan. Sedang tokoh lainnya yaitu Henry Pratt Faiechild (1994 : 33) Pemimpin dalam pengertian ialah seorang yang dengan jalan memprakarsai tingkah laku social dengan mengatur, mengarahkan, mengorganisasi atau mengontrol usaha/upaya orang lain atau melalui prestise, kekuasaan dan posisi. Dalam pengertian yang terbatas, pemimpin ialah seorang yang membimbing, memimpin dengan bantuan kualitas-kualitas persuasifnya danakseptansi/ penerimaan secara sukarela oleh para pengikutnya.

Menurut George R. Terry (1998 : 17) Kepemimpinan adalah hubungan yang ada dalam diri seseorang atau pemimpin, mempengaruhi orang lain untuk bekerja secara sadar dalam hubungan tugas untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Dan terakhir menurut Ordway Tead (1929) Kepemimpinan sebagai perpaduan perangai yang memungkinkan seseorang mampu mendorong pihak lain menyelesaikan tugasnya.

Definisi kepemimpinan berimplikasi. Kepemimpinan adalah fenomena antara pemimpin, pengikut dan situasi Kepemimpinan adalah ilmu dan juga seni Kepemimpinan adalah suatu proses dan bukan posisi Kepemimpinan adalah rasional dan juga emosi pemimpin situasi pengikut

 

Sudah cukup jelas mengenai pemimpin dan pimpinan ??

Lantas, apakah Anda ingin menjadi seorang Pemimpin atau Pimpinan ??

Incoming search terms:

  • pegangan kepemimpinan

Fatal error: Uncaught Exception: 12: REST API is deprecated for versions v2.1 and higher (12) thrown in /home/sloki/user/k0562178/sites/indonesia-berkarakter.com/www/wp-content/plugins/seo-facebook-comments/facebook/base_facebook.php on line 1273